Senin, 27 Mei 2013

ENERGI AIR


Air adalah sumber energi  yang paling utama. Semua makhluk hidup sangat membutuhkan air. Coba bayangkan jika di bumi ini tidak ada air lagi, mungkin tidak akan ada kehidupan di muka bumi ini. Jika dilihat pada saat ini air sudah mulai berkurang sangat banyak. Selain itu banyak air juga yang tidak dapat kita gunakan karena telah tercemari oleh limbah baik itu limbah pabrik ataupun limbah rumah tangga.



    Manfaat dari air sangatlah banyak sekali, bahkan di dalam tubuh makhluk hidup pun ada kandungan airnya.
    Setiap hari kurang lebih 2.272 liter darah dibersihkan oleh ginjal dan sekitar 2,3 liter diproduksi menjadi urine. Selebihnya diserap kembali masuk ke aliran darah. Dalam kehidupan sehari-hari, air dipergunakan antara lain untuk ke­perluan minum, mandi, memasak, mencuci, membersihkan rumah, pelarut obat, dan pembawa bahan buangan industri.
    Ditinjau dari sudut ilmu kesehatan masyarakat, penyediaan sumber air bersih harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena persediaan air bersih yang terbatas memudahkan timbulnya penyakit di masyarakat. Volume rata- rata kebutuhan air setiap individu per hari berkisar antara 150-200 liter atau 35-40 galon. Kebutuhan air tersebut bervariasi dan bergantung pada keadaan iklim, standar kehidupan, dan kebiasaan masyarakat.
    Mengapa air di bumi ini semakin berkurang?
    Coba kita koreksi pada diri kita, apakah kita sudah dapat menghemat dalam penggunaan air? Selain itu coba kita lihat pada lingkungan di sekitar kita! Apakah seimbang antara gedung-gedung yang dibangun dengan tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat sebagai peresapan air? Jika khususnya di Jakarta ini dapat menyeimbangkan antara pembangunan dan penghijauaan mungkin tidak akan ada lagi kekurangan air. Dan bahkan udara ini akan menjadi sangat sejuk tidak begitu panas seperti yang kita rasakan saat ini.
    Untuk itu mari kita menghijaukan kota Jakarta dengan menanam pohon dan menghematdalam penggunaan air.!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar